Secara Virtual, Rutan Salatiga Ikuti Puncak Peringatan Hari Hak Asasi Manusia

    Secara Virtual, Rutan Salatiga Ikuti Puncak Peringatan Hari Hak Asasi Manusia
    Rutan Salatiga Ikuti Puncak Peringatan Hari HAM / Foto : Humas Rutan

    Salatiga - Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) beserta jajaran ikuti puncak peringatan Hari Hak Asasi Manusia Tahun 2022 secara virtual. Senin (12/12).

    Puncak Peringatan Hari HAM yang ke-74 tahun 2022 sendiri mengambil tema “Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju (Advancing Human Rights for Everyone)”,  

    Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa 74 tahun yang lalu masyarakat dunia mencatatkan peristiwa penting dan bersejarah dengan disahkannya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

    “Norma tertulis pertama yang disepakati oleh dunia menetapkan hak-hak dasar yang melekat pada diri setiap manusia tanpa melihat status sosialnya, asal usul kebangsaan, warna kulit, kondisi fisik, gender, agama dan lain sebagainya yang harus dihormati, dilindungi, dipenuhi, dan ditegakkan oleh setiap negara.” Ujar Yasonna.

    “Nilai-nilai HAM sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, yang menegaskan bahwa penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM atau yang disingkat P5HAM adalah tanggung jawab negara terutama pemerintah.” Sambungnya.

    Dalam kegiatan juga dihadiri Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Peringatan HAM sedunia ini adalah momen reflektif bagi seluruh negara dan bangsa dalam menghormati dan memajukan hak asasi manusia secara universal.

    “Melalui Peringatan Hari HAM Sedunia ini saya mengajak kita semua untuk memperhatikan beberapa hal, pertama untuk menempatkan setiap kebijakan dalam konteks penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM kita tegakan kesetaraan untuk semua orang tanpa terkecuali. Kedua dalam konteks ke Indonesiaan yang majemuk penting sekali untuk tetap menegakkan nilai dan praktek toleransi, moderasi dan kesetiakawanan sesama warga bangsa.” tandasnya.

    Sementara itu selepas kegiatan Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengungkapkan komitmen Rutan Salatiga untuk terus berupaya memberikan layanan berbasis dalam dalam Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Penegakan, dan Pemajuan HAM (P5HAM). 

    "Rutan Salatiga terus berkomitmen memberikan layanan berbasih HAM baik kepada masyarakat terlebih pada warga binaan, " pungkasnya.

    hak asasi manusia kemenkumham kemenkumham jateng rutan salatiga andri lesmano
    NURYADI

    NURYADI

    Artikel Sebelumnya

    Rutan Salatiga Ikuti Puncak Peringatan Hari...

    Artikel Berikutnya

    Ikuti Puncak Peringatan Hari HAM Secara...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Gandeng Dinas Kesehatan, Rutan Salatiga Lakukan Fogging Blok Hunian
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Sosialisasi Perizinan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi
    Saiful Chaniago: Muhammadiyah Sebagai Potret Pendidikan Indonesia
    JFT Perancang Undang - Undang Kemenkumham Jateng dituntut Kerja Maksimal

    Tags